Plasma TV Diprediksi Bisa Hidup Dalam 20 Ribu Jam :: Nakinisa Sima

Plasma TV Diprediksi Bisa Hidup Dalam 20 Ribu Jam

Televisi yang menggantung atau menempel di dinding dengan layar LCD (Liquid Crystal Display) dan Plasma saat ini sedang digandrungi masyarakat. Kedua jenis TV ini mampu menampilkan detil gambar dengan tajamnya. Harga bisa 10 kali lipat dibanding TV tabung (Cathode Ray Tube/CRT) dan lima kali lipat dibanding televisi proyeksi.

Bagaimana cara kerja Plasma TV ?
Plasma TV memakai ribuan ruang kaca tertutup bertekanan rendah yang diisi campuran neon dan xenon. Di belakang ruang itu terdapat media lain yang berisi fosfor merah dan biru pada setiap ruangnya. Saat dinyalakan, ruang plasma memancarkan cahaya ultraviolet yang tak terlihat mata. Kemudian cahaya tersebut mengenai fosfor merah, hijau dan biru dibelakang kaca display. Barulah kemudian fosfor itu menghasilkan cahaya yang kasat mata. Fosfor terbuat dari tipe yang sama seperti dalam perangkat televisi konvensional. Agar hasil prima, tiap bagian sub pixel dikontrol sendiri memakai perangkat elektronik yang menghasilkan 16 juta warna berbeda.

Beberapa keunggulan Plasma Tv dan LCD dengan mengikuti tanya jawab berikut,
Apa yang membuat layar plasma bisa tahan lama?
Layar televisi plasma lebih tahan lama dibanding dengan televisi yang menggunakan tabung. Walau sebenarnya, sebagian besar produsen elektronik tak pernah mengeluarkan standar berapa tahun pengunaannya, tapi monitor tv plasma mungkin berumur panjang. Dan setelah lima tahun Anda dapat melihat kualitas layar plasma akan mengalami penurunan, seperti gambar yang mulai memudar.

Layar plasma tak akan mati, hanya mengalami pemudaran. Definisi gambar yang memudar, setengah takaran dari umur seharusnya karena ada proses radiasi. Kebanyakan layar plasma diprediksikan bisa hidup dalam 20 ribu jam, setelah itu tingkat kecerahannya tinggal setengah. Hal ini juga karena unsur posphor pada layar memudar setengah.

Jika Anda menjaganya dari pemudaran, layar plasma mungkin bisa tahan hingga 15 tahun atau lebih. Tapi jika Anda memperhatikan gambar bagian atasnya dengan catatan untuk penggunaan selama 1000 jam (tiga jam per hari selama setahun) tingkat ketajaman layar plasma akan mengalami penurunan sebesar lima persen.

Apa yang membuat layar LCD bisa tahan lama?
Monitor LCD secara teori tak pernah pudar, seperti chip komputer yang memakai LCD. Bagaimanapun, monitor yang diterangi dengan sinar hitam, biasanya tabungnya memantul. Pemantikan bisa dilakukan 1000 kali selama satu jam, akan tetapi kadang membutuhkan pembakaran dan penggantian. Kebanyakan layar monitor besar LCD memiliki kekuatan 50 ribu jam.

Apa yang dimaksud EDTV?
Kebanyakan televisi datar yang harganya murah, termasuk dalam kategori EDTV, berbentuk berdiri memanjang. Tipe ini memiliki tingkat resolusi sebesar 852x480, memanjang horizontal dibanding dengan TV biasa. Tapi resolusi vertikalnya sama dengan TV standar.

Apakah layar LCD selalu menggunakan resolusi tinggi?
Ya, hanya masing-masing format HD berbeda kualitasnya. Layar LCD 17 inch ke atas seluruhnya menggunakan kualitas gambar HD untuk beberapa jenis format HD (tidak semuanya). Tipe resolusi jenis HDTV 1280x720, maksudnya 1280 dan 720 sebagai resolusi vertikal.

Apa yang dimaksud dengan sudut pandang?
Penggunaan layar LCD akan mampu menahan perubahan sudut pandang, tak ada masalah dengan sudut pandang atas maupun samping, menjadi sama baiknya. Misalnya, pada saat pandangan terhadap layar LCD akan berbeda pada saat Anda duduk dan berdiri. Untuk beberapa waktu, gambarnya seakan bertolak belakang seperti halnya film negatif.

Dan kini sudah ada LCD dengan teknologi baru yang telah merminimalisir masalah tersebut. Model yang terbaik, mengklaim memiliki 17 sudut pandang, baik vertikal maupun horizontal. Dengan catatan, jarak maksimum 180 derajat Anda tidak akan bisa melihat gambarnya.

Jadi jika Anda tinggal sendirian di ruangan TV, sudut pandang mungkin tak banyak berpengaruh dalam kehidupan sosial Anda. Tapi jika tinggal bersama keluarga, alangkah lebih baiknya diletakkan di ruangan keluarga untuk menjaga sudut pandang.

Apa yang dimaksud dengan CableCard dan mengapa kita memerlukannya?
CableCard merupakan teknologi baru yang dihasilkan dari kerjasama antara pembuat TV dengan pengelola TV kabel. Sebagai pengganti dari decoder TV kabel, dalam hal ini TV telah dilengkapi dengan decoder built-in. Namun, tentunya Anda harus mendapatkan persetujuan dari perusahaan pengelola TV kabel.

Keuntungan yang didapat adalah adanya fitur seperti PIP yang tak bisa bekerja sebagaimana mestinya kotak dekoder. CableCard akan bekerja dengan sempurna disaat akan menyaksikan acara unggulan seperti kanal HBO atau Showtime. Anda pun bisa menggunakannya dengan remote kontrol dari kotak decoder untuk mengubah channel.

CableCard merupakan bagian yang menarik dalam waktu mendatang, terlebih bagi penglola TV kabel yang bisa menawarkan salah satu dari dua jenis layar televisi tersebut.

[Source : View]


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!