Gigi Palsu :: Nakinisa Sima

Bagaimana Jika Anda Kehilangan Satu Gigi Alias Ompong

Gigi adalah bagian penting dari tubuh manusia. Selain untuk mengunyah menikmati makanan, gigi berperan juga sewaktu berbicara, tertawa dan menambah senyum menjadi lebih indah.

Tapi bagaimana jika seseorang telah kehilangan satu gigi atau beberapa giginya, alias ompong?. Dapat dipastikan mereka tidak dapat menikmati hal-hal seperti di atas.

Tidak mempunyai beberapa gigi alias ompong memang sangat tidak menyenangkan. Solusi dari kondisi ini biasanya memakai gigi palsu (prothesa gigi).

Selama ini telah dikenal dua jenis gigi palsu yaitu jenis gigi palsu yang dapat dilepas dari rongga mulut (removable prothesis) dan jenis gigi palsu cekat atau gigi palsu yang tidak dapat dilepas dan melekat permanen pada struktur gigi asli yang ada (crown-bridge).

Akan tetapi kedua jenis gigi palsu tersebut mempunyai beberapa kekurangan dan kelemahan.
Pada removable prothesis, banyak orang merasa tidak nyaman memakainya, antara lain karena:
- Plat atau basis prothesa terasa mengganjal (seperti benda asing dalam rongga mulut).
- Prothesa harus selalu dibersihkan.
- Makanan sering terselip dan kadang menimbulkan bau tidak enak.
- Memerlukan adaptasi dalam pemakaiannya.
- Pemakaian yang lama akan menekan jaringan gusi sehingga gusi berdarah dan terjadi infeksi.

Sedangkan kelemahan dari gigi palsu cekat (crown-bridge) yaitu dilakukan pengasahan pada gigi asli yang ada atau gigi diperkecil dan jumlah mahkota gigi atau crown yang dibuat harus lebih banyak dari jumlah gigi yang hilang.

Untuk mengatasi kekurangan atau kelemahan dari kedua jenis gigi palsu tersebut, maka diciptakan suatu teknologi canggih dibidang kedokteran gigi yang disebut Dental Implant. Dengan Dental Implant, gigi yang telah hilang atau ompong, kembali seperti gigi asli.

Apa Itu Dental Implant ?
Dental Implant merupakan salah satu alternative yang terpercaya dalam menggantikan gigi yang telah hilang, sehingga pasien yang ompong kembali mempunyai gigi yang hampir sama dengan gigi aslinya. Karena Dental Implant ditanam didalam tulang, yang diposisikan sebagai pengganti akar gigi dan mirip sekali dengan gigi asli.

Bagaimana Prosedur Pemasangan Dental Implant ?
Pemasangan Dental Implant terdiri dari dua tahap yaitu:
Tahap pertama, memasang Implant di dalam tulang rahang dan gusi, setelah Implant menyatu dengan tulang, maka Implant tersebut menjadi fondasi atau kedudukan bagi mahkota gigi atau crown yang akan diletakkan di atasnya.

Tahap kedua, memasang mahkota gigi atau crown di atas Implant yang telah ditanam tadi. Selanjutnya Dental Implant tersebut berfungsi seperti gigi asli dan langsung dapat dipakai untuk mengunyah dan menikmati makanan.

Apakah terasa sakit waktu memasang Dental Implant?
Tidak, pada waktu dokter gigi memasang atau melakukan perawatan Dental Implant, pasien tidak merasa sakit, sebab lokasi yang akan dipasang Implant terlebih dahulu dilakukan pembiusan lokal seperti pada waktu gigi Anda dicabut.

Diabad 21 ini Dental Implant merupakan teknologi yang sangat mengesankan dan dianggap sebagai salah satu cara yang sangat terpercaya serta canggih.

[Source : View]


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

7 comments

Anonymous said... @ February 9, 2009 at 2:07 PM

sekitar 19 th yg lalu sy terpaksa kehilangan 3 gigi krn bolong yg udah parah bgt. trus sy pake gigi palsu lepasan. krn dokter gigi sy yg baik itu meninggal sy terpaksa ganti dokter gigi. oleh dokter gigi yg baru sy dianjurkan pake gigi palsu bridge dgn alasan utama estetika krn sy masih remaja. orang tua sy lalu bertanya apa & bagaimana serta efek samping dr bridge ini. orang tua sy jg bilang gigi sy kan rapuh apa gak berbahaya. tapi dokter itu bilang gak ada masalah, semua akan baik2 saja. akhirnya sy mulai pake bridge sekitar 13 th yg lalu. dan sekarang ini gigi sy yg tadinya ompong 3 jadi ompong 9 gara2 bridge. sy nyesel bgt pake bridge. dan sy nyesel bgt krn ketemu dokter gigi payah itu.

Anonymous said... @ March 25, 2009 at 4:18 PM

yabes dental.. implant gigi 15juta... lebih murah pasang behel... umur 13 saya pakai behel... gara2 gesekan ring gigi saya bolong dan ompong. akhirnya pakai gigi palsu pasang-lepas... aneh rasanya... kalau iseng saya emut2 jadi seperti mengunyah... mungkin sbntar lagi tertelan.. hahahaaa

Anonymous said... @ December 15, 2009 at 10:59 PM

kenapa si ga ada yg berani pasang kisaran harga???
kan buat estimate biaya juga kalo jadi pasang....
saya cari dimana2 ga da yg brani pasang kisaran harga....

apa bener 1 gigi 15 juta??? kalo iya.... wahhh mahal banget tuhhh.....

Anonymous said... @ August 5, 2010 at 4:20 PM

tolong dong informasi biaya implant per satu gigi, sehingga siapapun bisa mengukur kemampuan ataupun menyiapkan keuangannya. TQ

Dental Implant said... @ December 16, 2010 at 11:00 PM

Dental Implant murah! Hanya dengan 5 juta., Anda sudah mendapatkan pemasangan implant sampai crown oleh supervisi drg professional.

Jika berminat bisa hub : hhdtrainingcenter@gmail.com

magie sandra said... @ February 1, 2012 at 6:17 PM

iyaaa...coba ada informasi harga buat implant gigi,itu sangat menolong bagi pasien yg bermasalah dgn gigi,kami yg sdh dewasa juga ingin implant, tapi harganya jangan mahal2 dong...

ogel said... @ April 22, 2012 at 10:14 PM

sy mengalami gigi bolong dan sering radang gusi bagaimn cr pengobatanny

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!