Bill Gates Kalah Sohor :: Nakinisa Sima

Apa yang kurang dari Bill Gates? Dialah pemilik imperium bisnis Microsoft yang mendunia. Dia juga tercatat sebagai salah seorang terkaya di dunia. Dengan lembaran dollarnya, toh ia bisa melakukan apa saja. Jadi, kurang apalagi Bill Gates?.

Rupanya Bill Gates kalah sohor dibanding Charles Simonyi, insinyur perangkat lunak yang mengembangkan Microsoft Word dan Excel. Pria Hungaria itu baru saja mudik dari petualangannya ke luar angkasa selama hampir dua minggu.

Simonyi menjadi orang kelima setelah Dennis Tito, Mark Shuttleworth, Gregory Olsen dan Anousheh Ansari yang pernah berwisata menembus cakrawala. Demi membayar pengalamannya itu, ia rela merogoh kocek sebesar 25 juta dollar.
"Ada banyak pengalaman yang saya dapatkan. Nanti saya akan buatkan beberapa buku yang berisi catatan perjalan saya, materi pokoknya sudah selesai, tinggal diedit saja", kata Simonyi.
Sambil menunggu terbitnya buku Simonyi, catatan perjalanan Anousheh Ansari yang dimuat dalam halaman blognya, mungkin bisa sedikit mengurangi rasa penasaran. Ia mengatakan,
"Benar kawan, saya harus mengakui bahwa menjaga kebersihan di luar angkasa tidaklah mudah".
Kemudian, Anousheh menceritakan apa yang terjadi sewaktu ia membersihkan rambutnya. Katanya, ketika ia membuka kantong air, gumpalan-gumpalannya melayang di sekitar kepala.
"Saya harus mengambil gumpalan air itu dengan telapak tangan yang sudah dilumuri shampo kering", katanya. "Pekerjaan itu harus hati-hati, sebab gumpalan air bisa pecah".
Di bagian lain, ia juga menceritakan, jempol kakinya memar-memar karena menjepit dinding kabin pesawat. Hal itu ia lakukan agar badannya tidak melayang bebas, bergerak kian kemari. Gravitasi nol membuat benda apapun sulit berada di tempatnya.

Cuplikan-cuplikan cerita itulah yang membuat Bill Gates merasa belum berpuas diri. Itu sebabnya dikabarkan, ia sudah menghubungi Space Adventures sebagai operator penyedia jasa petualangan ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dengan menumpang wahana Soyuz milik Rusia.

Dan sepertinya bukan cuma Bill Gates yang ingin menikmati pengalaman lain sewaktu menembus langit. Menurut kabar, seorang pengusaha sukses asal Negeri Jiran Malaysia sudah terdaftar dan tinggal menunggu jadwal keberangkatan.

Untuk sebagian besar orang, ongkos yang harus dibayar masih sangat mahal. Meski begitu, jumlah peminatnya tetap saja membludak. Tidak heran jika keberhasilan Space Adventures telah mengilhami beberapa pengusaha lain untuk membuat paket wisata sejenis.

Bigelow Aerospace yang didirikan pada 1999, secara intensif menyempurnakan pesawat wisatannya. Setelah membangun wahana Genesis I, perusahaan yang berbasis di Las Vegas ini sedang merampungkan Genesis II.

Virgin Galactic, perusahaan milik Richard Branson, juga sedang menyiapkan pesawat yang akan dipakai dalam bisnis wisata luar angkasanya. Pesawat yang dirancang mampu mengangkut dua pilot dan enam penumpang ini direncanakan dapat meluncur hingga daerah sub-orbital bumi pada ketinggian sekitar 140 kilometer.

Pesawat tersebut dibuat berdasarkan desain SpaceShipOne, hasil karya Burt Rutan yang memenangkan Ansari X Prize pada 2004. SpaceShipOne akan melesat di bawah perut roket White Knight hingga ketinggian 15 kilometer. Dari titik itulah SpaceShipOne meluncur ke titik tujuan.

Menurut rencana, penerbangan komersial Virgin akan dimulai pada 2009, peluncurannya akan dilakukan dari fasilitas Spaceport America di sebuah gurun di wilayah New Mexico dan tiket penerbangan ke batas atmosfer bumi yang ditawarkan Virgin diperkirakan sebesar 190 ribu dollar.

[Source : View]


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

3 comments

Hakimtea said... @ June 5, 2008 at 11:22 PM

kirain bakal calon saingan si om itu cuma saya... udah ada yg nyaingin toh... hehe *ngayal*

ikhsan said... @ June 6, 2008 at 2:21 PM

Ckckckckckckck...dasar orang kaya !!!

gampang banget ngeluarin uangnya...

mendingan dikasi ane aja uangnya buat ngebayar biaya ngenet yang semakin mahal aja...hihihihi...

Nakinisa said... @ June 6, 2008 at 11:19 PM

@ Hakimtea
haha.. bisa aja si bro Kim, nanti kabar2in ya kalo dah di atas, biar sy pantau dari planetarium, wkwkwk.

itu bukan ngayal kang, yah namanya cita2 yo harus setinggi langit, kunfayakun, tidak ada yang tidak mungkin bagi-NYA.

@Ikhsan
iya bro, kalo duit segitu mah dah bisa bikin rumah buat orang sekampung, atau kasih makan penduduk satu wilayah selama sebulan, cuman pake kerupuk doang kali yee.

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!