Sentuhan Budaya Tionghoa dan Kaidah Fengsui :: Nakinisa Sima

Sebuah konsep pemakaman modern dengan sentuhan budaya Tionghoa kuno dan kaidah Fengsui yang kental, San Diego Hills Memorial Park atau dikenal dengan sebutan BAI FU LE YUAN, yang berarti "Taman Kemakmuran dan Kebahagiaan". Sebuah mahakarya yang memberikan makna baru pada tempat peristirahatan terakhir bagi orang yang dicintai.

BAI FU LE YUAN merupakan taman pemakaman yang asri, sangat indah dan jauh dari kesan yang menyeramkan dan menakutkan, memiliki luas 500 hektar, terletak di daerah Karawang, Jawa Barat.

Menurut adat, budaya dan kepercayaan Tionghoa, taman tersebut memiliki makna penting bagi sanak keluarga, teman maupun orang yang dicintai.

"Taman kemakmuran dan Kebahagiaan" ini dipersembahkan dengan konsep pemakaman modern yang memiliki sifat peringatan, tempat beribadah atau sembahyang, tempat wisata keluarga, tempat berhikmat dan juga sebagai tempat istirahat dengan pemandangan indah.

BAI FU LE YUAN dibangun dengan memadukan gaya tradisional dan masa kini yang secara keseluruhan mempertimbangkan penyatuan budaya Tionghoa. Taman dengan bangunan berbentuk seperti kelelawar raksasa yang seolah-olah melindungi sebuah taman yang indah. Dalam Bahasa Mandarin 'perlindungan kelelawar' dan berita kebahagiaan memiliki lafal yang sama yakni FU YIN.

Ada beberapa pilihan yang ditawarkan di dalam BAI FU LE YUAN atau Carden of Prosperity & Joy ini sebagai tempat peristiratan terakhir diantaranya, Single Burial. Berupa single space dengan ukuran 1,5x2,6 m berbentuk flat dengan rumput hijau membentang luas. Deretan makam individu ini tertata rapi dan terawat dikelilingi dengan tanaman dan jalan setapak yang rapi bersih.

Tersedia pula Private Estate. Dengan ukuran 6x6m serta Semi Private 4x6m dimana bisa digunakan untuk lebih dari dua orang (pasangan). Area ini dipisahkan dengan tanaman dan tembok yang bagus dan artistik. Dan di taman ini menyediakan area pemakaman untuk keluarga, sepasang suami istri yang akan lebih memberikan nilai privacy.

Monumen nisan atau disebut Bong Pai merupakan lambang dari tempat peristirahatan terakhir serta wujud penghargaan dari sanak keluarga.

Colombarium, sebuah bangunan sebagai tempat penyimpanan abu bagi yang dikremasikan. Desainnya yang modern dan artistik memberikan ruang bagi sanak keluarga apabila ingin mendoakan atau mengenang yang telah tiada.

[Source : View]


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

2 comments

infogue said... @ June 16, 2008 at 1:58 PM

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel seni & budaya terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Nakinisa said... @ June 17, 2008 at 2:21 PM

@ infogue
ok Bos thx.

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!