Peluang Membuat Stress :: Nakinisa Sima

Peluang Membuat Stress

Stress, stress dan stress..
Walah walah.. penyakit yang satu ini memang lagi ngetop banget, apalagi di tengah tuntutan hidup yang kian sulit, kebanyakan orang mudah sekali menyebut dirinya stress. Apakah anda pernah mengalami stress?.

Sebetulnya seseorang itu bisa mengalami stress karena tanpa disadari gaya hidup yang telah ia jalani telah membuka peluang untuk menjadi stress. Semuanya berpulang kepada kemampuan dirinya masing-masing untuk mengelola kehidupan dengan baik agar terhindar dari stress.

Apa itu Stress?
Stress adalah respon fisiologis, psikologis dan perilaku dari seseorang untuk mencari penyesuaian terhadap tekanan yang sifatnya internal (psikologis) maupun eksternal (lingkungan), dan merupakan bagian dari kehidupan sehingga menuntut Anda untuk menyesuaikan diri.

Beberapa faktor Penyebab Stress:
Terlalu bekerja keras. Bekerja keras tanpa memikirkan hal-hal lainnya membuka peluang untuk menjadi stress. Karena sibuknya dengan pekerjaan, jadi sering lupa makan, kurang tidur, bahkan acara untuk keluarga saja terlupakan. Nah, kalau Anda sudah merasa di posisi seperti ini, maka Anda sudah bisa disebut mengalami stress.

Kegiatan yang monoton. Kegiatan yang dilakukan sehari-hari monoton, yang itu-itu saja, sehingga tidak ada hal-hal baru yang bisa dilakukan. Misalnya, sehari-hari hanya pergi ke pasar, memasak dan selalu begitu. Tentu lama-lama akan jenuh, dan ini membuka peluang untuk stress jika tidak segera diatasi.

Tidak punya tempat curhat. Teman curhat memang penting, sebab jika segala kekesalan hanya dipendam di hati saja, itu tidak akan menyelesaikan masalah. Akibatnya, dengan sendirinya sudah membuka peluang untuk stress. Akan tetapi pandai-pandailah memilih teman curhat dengan bijak, teman atau kekasih atau suami atau istri adalah tempat yang tepat untuk Anda curhat.

Tidak ada waktu untuk hobi. Ini biasanya imbas dari sibuknya bekerja, sehingga untuk menyalurkan hobi saja di saat weekend benar-benar tidak punya waktu, sampai sampai jadi hobi melobi orang di saat weekend.

Kurang tidur. Agar jiwa tidak sakit, yang terbaik adalah tidur yang cukup. Kurang tidur bisa membuat kepala pusing dan mudah stress. Kebanyakan tidur juga tidak baik karena bisa membuat jadi malas berpikir.

Lingkungan yang tidak mendukung. Jika berada dalam lingkungan yang tidak mendukung atau selalu bertentangan dengan pola hidup, bisa jadi ini membuka peluang untuk stress. Contoh kecilnya saja, Anda terbiasa hidup di kota, ketika dalam kondisi terpaksa harus tinggal di desa terpencil, sehingga jiwa akan berontak dan bisa membuat stress jika tidak bisa mengelola diri dengan baik.

Saat Anda merasa kehilangan. Kehilangan merupakan salah satu penyebab stress. Misalnya, kehilangan istri atau suami tercinta, ditinggal kawin lagi, dikhianati pasangan, kehilangan pekerjaan atau harta benda yang paling Anda sayangi. Semua ini memicu terjadinya stress.

Gimana sih Gejala Stress?
  • Tidak bisa tidur, selalu gelisah tiap malam, atau sering tidur berlebihan karena sudah tidak punya gairah hidup lagi
  • Rasa lelah dan rasa malas yang berlebihan
  • Kehilangan minat terhadap hobi atau hal-hal yang biasanya Anda senangi
  • Tidak nafsu makan atau makan terlalu berlebihan
  • Keluhan fisik, seperti pegal-pegal, sakit maag dan sakit kepala
  • Penurunan berat badan yang nyata
  • Rasa sedih yang berlebihan
  • Wajah yang tidak bersemangat dan selalu menampakkan kesedihan
  • Tidak punya harapan tentang masa depan
  • Perasaan tidak berguna
  • Ada ide untuk bunuh diri, biasanya terjadi pada tingkat stress yang berat
Cara Menghindari Stress
  • Perbanyaklah beribadah, karena dengan memperdalam ibadah sesuai Agama masing-masing, maka jiwa akan menjadi lebih tenang.
  • Mengeluarkan uneg-uneg atau curhat kepada seseorang yang dapat dianggap bisa mendengarkan cerita Anda (cukup bijak memberikan penilaian tentunya). Hal ini bisa menjadi pencegah terjadinya stress.
  • Meluangkan waktu untuk membaca humor-humor yang lucu atau menonton film komedi bisa menjadi salah satu cara menghindari stress.
  • Olahraga juga bisa membuat terhindar dari stress. Karena dengan olahraga, otot-otot tubuh akan menjadi lebih rileks dan akan merasa lebih bugar.
  • Banyak minum air putih sangat membantu untuk lebih rileks, dan dengan cairan air yang cukup akan terhindar dari kepenatan dan kelelahan yang bisa memperburuk kondisi saat sedang stress.
  • Terapi pijat merupakan salah satu cara untuk melepaskan diri dari stress. Pijatan dapat meregangkan otot-otot yang penat.
  • Meditasi juga salah satu cara yang dianggap mampu mengatasi stress. Melakukan meditasi bisa menjernihkan pikiran kembali.
  • Seks juga menjadi salah satu alternative untuk menghilangkan stress. Bagi yang sudah menikah, manfaatkanlah seks untuk melepas kepenatan dan mengatasi stress.
  • Makanan yang bergizi dan makanan yang mengandung karbohidrat rendah akan membantu menjaga keseimbangan gula darah. Karena itu jangan memakan terlalu banyak karbohidrat, karena akan meningkatkan insulin dalam darah sehingga menyebabkan cepat lelah.
  • Mengunjungi ahli terapi secara teratur sangat dianjurkan bagi yang sudah mengalami stress tingkat tinggi. Pada kondisi ini biasanya seseorang cenderung ingin bunuh diri dan tidak peduli lagi dengan dirinya sendiri.
[Source : 3636]


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

1 comments

fandy said... @ November 27, 2008 at 9:59 AM

Piko Pendant adalah suatu piranti berteknologi Piko & Far Infrared yang mampu memecah molekul air sampai pada ukuran sangat kecil/sangat halus. Sehingga memungkinkan untuk diserap lebih cepat oleh tubuh kita.

Piko Pendant terbuat dari 100 Mineral sehingga ringan & tidak berkarat. Bahan dasar pembuat Piko Pendant terdiri dari serbuk batu-batuan seperti Tourmaline, Germanium & batu dari larva yang mengandung serta memancarkan Infra Red permanen.

Manfaat Mempergunakan Piko Pendant :

1. Tubuh lebih segar, sehat dan aktif
2. Kulit lebih segar dan cantik
3. Tampak lebih awet muda
4. Mempercepat proses pembuangan toxic (keringat atau air seni).
5. Melindungi tubuh dari RADIKAL BEBAS.
6. Menolak ION POSITIF Menarik ION NEGATIF
7. Menguatkan fungsi otak & daya ingat.
8. Membantu penyembuhan : kanker, artritis, rematik, Batuk & Asma, Radang Insomnia, Migran & Depresi, Stress & Hipertensi, Pegal-pegal & Kelelahan dan lain-lain.
9. Meningkatkan kekuatan phisik & seksualitas.
10. Tidur lebih nyenyak.

Piko Pendant ini akan membantu :

1. System metabolisme tubuh
2. System peredaran darah
3. System hormonal
4. System saraf, otot, dan tulang
5. System pertumbuhan pada anak
6. System reproduksi / seksual

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!