Aktor Film Dengan Penghargaan dan Pendapatan Terbesar Tahun 2008 :: Nakinisa Sima

Aktor Film Dengan Penghargaan dan Pendapatan Terbesar Tahun 2008

Menurut majalah Forbes, Will Smith adalah aktor dengan pendapatan terbesar tahun 2008. Aktor yang bermain dalam Hancock ini ditaksir memiliki pendapatan sebesar 80 juta dollar sepanjang tahun ini. Tempat kedua diduduki oleh Johnny Depp yang berhasil mengumpulkan 72 jutadollar. Komedian Eddie Murphy dan Mike Myers sepanjang 2008 ini memiliki pendapatan sebesar 55 juta dollar, sementara aktor serba bisa Leonardo Di Caprio berada di urutan kelima dengan 15 juta dollar.

Speed Racer menjadi salah satu film yang paling mengecewakan tahun ini. Dengan budget 120 juta dollar, film yang disutradarai oleh Wachoswki bersaudara ini hanya sanggup meraih pendapatan sebesar 13 juta dollar saja. Sementara itu film yang dibintangi oleh Paris Hilton, The Hottie and The Nottie, menjadi film dengan prosentase pemasukan terkecil sepanjang 2008, dengan biaya produksi sebesar 9 juta dollar, film ini hanya berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar 27 ribu dollar di Amerika, atau hanya sekitar 0,3 % dari total budget.

Dari ajang Oscar 2008 yang digelar pada 24 Februari lalu di Kodak Theatre, No Country for Old Men berhasil meraih penghargaan sebagai film terbaik, berikut Sutradaranya, Joel dan Ethan Coen, juga berhasil meraih penghargaan sutradara terbaik. Aktor asal Irlandia, Daniel Day Lewis, berhasil menggondol penghargaan aktor terbaik berkat penampilannya dalam There Will be Blood. Sementara penghargaan aktris terbaik diperoleh oleh Marion Cotillard lewat La Vie en Rose. Aktor berdarah Spanyol, Javier Bardem - No Country for Old Men terpilih menjadi aktor pendukung terbaik, dan aktris pendukung terbaik jatuh ketangan Tilda Swinton (Michael Clayton).

Lindsay Lohan dan Eddie Murphy, masing-masing mendapatkan tiga penghargaan di ajang 28th Golden Raspberry Award atau yang dikenal dengan nama Razzie Award. Lindsay Lohan meraih penghargaan sebagai aktris terburuk dan duet terburuk dalam film I Know Who Killed Me. Sementara Eddie Murphy meraih penghargaan untuk kategori aktor terburuk, dan aktor pendukung terburuk dalam film Norbit. I Know Who Killed Me menjadi film terburuk di ajang ini, setelah mendapatkan delapan penghargaan dan sembilan nominasi yang diterima, termasuk di antaranya film terburuk, sutradara terburuk dan skenario terburuk.

Setelah mulai melakukan aksi mogok kerja sejak 5 November 2007, pada 12 Februari 2008 lalu asosiasi penulis dunia hiburan Hollywood, Writers Guild of America, menghentikan aksi mereka. Aksi mogok massal yang meminta kenaikan upah minimum ini menurut ahli ekonomi Jack Kyser, telah membuat industri hiburan merugi hingga 2,1 miliar dollar.

Dua film yang berpotensi mendulang pendapatan besar di 2008 ini mengalami penundaan. Star Trek yang sedianya akan dirilis pada 25 Desember diundur hinggai bulan Mei 2009. Ada dua hal yang menyebabkan Star Trek diundur hingga 5 bulan yaitu, aksi mogok kerja yang dilakukan oleh para penulis, dan keinginan para petinggi Paramount agar sutradara JJ Abrams lebih memoles lagi spesial efek yang digunakan dalam film Star Trek.

Sementara Harry Potter and the Half Blood Prince yang semula direncanakan akan dirilis pada November lalu, diundur hingga Juli 2009. Pihak Warner Studio bersikeras bahwa aksi pengunduran ini karena adanya aksi mogok penulis, namun para pengamat film berpendapat bahwa keberhasilan The Dark Knight yang juga merupakan produksi Warner Studio, memperoleh pendapatan yang luar biasa, dan telah membuat para petinggi Warner Studio puas dengan raihan keuntunganya yang berhasil mereka kumpulkan tahun ini. Dan mereka berharap Harry Potter and the Half Blood Prince dapat melakukan hal yang sama di tahun 2009 mendatang.

Sumber : View


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!