Pantaskah Artis Jadi Caleg? :: Nakinisa Sima

B erpolitik itu hak semua warga negara, jadi tidaknya caleg tergantung pilihan rakyat, bagaimana rakyat. Kalau begitu mengapa saat ini artis dan dinasti politisi diributkan ketika jadi caleg?. Caleg artis, keluarga atau siapapun sangat tergantung konsepsi partai politiknya dalam mempersiapkan masa depan partai, khususnya dasar recruitment kader.

Sebenarnya tidak mudah menjadi kader partai, kalau partai tersebut memang tempat aspirasi rakyat yang benar. Minimal pengalaman berorganisasi, paham ideologi partai, kecuali partainya tidak berideologi, namun asal punya kursi di DPR.

Dalam daftar caleg 2009 memang ada artis dan mantan artis yang kelihatannya memang berniat kuat beralih profesi menjadi politisi, namun juga banyak artis baru yang belum berpengalaman di dunia politik. Bila dari kalangan dinasti keluarga, kebanyakan mereka adalah anak-anak para politisi. Kalau seniornya politisi yang baik, semoga generasi penerusnya baik pula, walau harus dibuktikan.

Menjadi caleg memang hak politik siapa saja. Namun harap diingat, wakil rakyat tugas utamanya adalah memperjuangkan nasib rakyat. Mereka adalah cermin karakter rakyat yang diwakili. Menjadi wakil rakyat harus lebih karena pengabdian, bukan sekadar cari uang gaji. Jadi harus berargumentasi rasional atas persoalan bangsa, bukan asal beda, bukan berakting. Harus bekerja keras, berpikir serius, tekun mengikuti rapat komisi, rapat fraksi, sidang paripurna dan sidang-sidang lain.

Jangan lagi seperti kata banyak orang kalau kehidupan artis lebih hura-hura. Memang kasihan kalau para artis atau keluarga dikorbankan partai politik hanya untuk mengail suara dalam pemilu. Jangan nanti sudah jadi wakil rakyat, datang ke Gedung Rakyat hanya bingung, tidur atau sekadar absen, seperti oknum senior-senior sebelumnya.

Sumber : Heru Lelono


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!