Manfaat Tanaman Sambiloto :: Nakinisa Sima

Manfaat Tanaman Sambiloto

Andrographis Paniculata, itulah nama latin dari jenis tanaman Sambiloto atau pepahitan, suatu jenis tanaman yang termasuk dalam suku jeruju-jerujuan, seperti juga pada jenis tanaman Landep, tanaman Daun Ingu, tanaman Gandarusa. Tanaman ini dapat tumbuh dan hidup dengan subur di daerah yang berdataran rendah maupun berdataran tinggi, pada tempat-tempat yang sedikit terlindung dari sinar matahari. Selain dikenal dengan nama Sambiloto, tanaman ini di daerah Sunda dinamakan Ki oray atau Ki peurat, dalam bahasa Jawa di sebut Bidara, Sambiloto, Sadiloto atau Takila.

Tanaman Sambiloto ini tumbuh dengan liar di India dan meluas ke arah Selatan melalui Muangthai ke Malaysia sebelah Utara, terus meluas ke Indonesia. Di Asia Tenggara tanaman ini terdapat di negara-negara India, Srilangka, Singapura, Bangladesh, dan Indonesia. Tanaman Sambiloto di Indonesia, khususnya di pulau Jawa ditanam juga di pekarangan-pekarangan rumah sebagai pagar hidup. Selain itu tanaman ini mulai banyak dicari orang, terutama bagi pembuat jamu-jamuan tradisional.

Tumbuhan Sambiloto berbatang basah dan bentuk batangnya segi empat. Daunnya berbentuk taji dengan tepi yang rata, berhadapan dan bertangkai pendek. Warna bunganya putih, berbibir dua dan berbecak-becak lembayung. Letak bunganya pada ketiak daun, buahnya berkotak dan bentuknya bulat, apabila sudah masak, bijinya dilemparkan kuat-kuat dari dalam buahnya.

Cara menanam Sambiloto ini dengan menggunakan bijinya yaitu dengan jalan disemai terlebih dahulu, baru setelah bibitnya tumbuh setinggi 10 sampai 15cm dipindahkan ke kebun atau secara langsung menanam bijinya.

Tanaman Sambiloto mempunyai banyak manfaat dan kegunaan, daunnya yang sangat pahit dibuat obat sakit demam dan obat menguatkan badan seperti tonikum. Juga baik digunakan sebagai obat sakit perut atau dysentri dan typhus, selain itu juga dapat digunakan sebagai obat untuk luka bekas gigitan ular. Oleh sebab itu tanaman ini disebut Daun Ki ular atau Ki oray. Daunnya yang dikunyah bisa untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit, dengan jalan membalurnya di atas kulit yang gatal atau luka.


Related Content by Category



Blog Widget by LinkWithin
Feel free to subscribe via Rss Feed or enter your e-mail below to have the latest update !
Your e-Mail:

Subscribe to Nakinisa Sima

0 comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bercanda boleh, asal jangan spam!